Rabu, 16 Oktober 2019

Mengulang - Mengaitkan Mata Rantai Proses Pembelajaran


Foto: selvi-aldriani.blogspot.com

Belajar pada hakikatnya adalah mengulang-ulang bahan yang dipelajari (Sumardi Suryabrata, Psikologi Pendidikan, 1997). Dengan mengulang, pelajaran akan berhasil baik (Kartini Kartono, Bimbingan Belajar di SMA dan Perguruan Tinggi, 1995).

Penulis berpendapat bahwa proses pembelajaran ibarat rantai bersambung yang dimulai melalui kegiatan membaca bahan yang hendak dipelajari, menyimak materi ketika disampaikan, mencatatnya dengan seksama dan mengulang kembali materi yang telah diterima. Bersambungnya mata-mata rantai proses pembelajaran ini insya Allah akan menguatkan terikatnya ilmu dalam benak peserta didik.

Bagi pendidik mengulang adalah cara dalam proses belajar mengajar dengan jalan memberi tugas kepada siswa. Tugas itu dapat berupa latihan soal, melengkapi kalimat, membuat ikhtisar, memberi tanda penting pada halaman yang dibaca, mengumpulkan gambar/artikel, membuat karangan, dan lain-lain.

Metode mengulang yang digunakan secara tepat dan terencana dapat bermanfaat untuk:
  1. Menumbuhkan kebiasaan belajar secara mandiri dalam lingkungan bersama (kolektif) maupun sendiri
  2. Melatih peserta didik untuk mencari informasi secara langsung dari sumber belajar yang terdapat di rumah, sekolah dan masyarakat
  3. Menciptakan suasana belajar yang rekreatif

Meskipun demikian ada kemungkinan pengaruh buruk yang harus dipertimbangkan oleh pendidik dalam proses mengulang ini, yaitu:
  1. Siswa melakukan plagiat atau menjiplak dan mencontek
  2.  Bila tugas terlalu banyak dan sukar akan membuat jenuh dan mengganggu ketenangan batin siswa
  3. Menyita waktu, fikiran, tenaga dan mungkin biaya
  4.  Mengganggu orang tua yang diminta bantuannya oleh siswa

Oleh karena itu maka, pendidik hendaknya memperhatikan hal berikut:
  1. Merencanakan tugas yang diberikan
  2.  Materi pengulangan terkait dengan materi dan telah dilatih di dalam kelas
  3. Jenis tugas dapat dimengerti oleh siswa
  4. Memanfaatkan ICT (Information & Computer Technology) untuk menciptakan suasana yang rekreatif
  5. Hasil tugas dinilai

Sebagai catatan terakhir, hal yang harus selalu kita ingat bahwa mengulang merupakan mata rantai terakhir yang mengunci proses belajar yang telah dilakukan siswa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengulang - Mengaitkan Mata Rantai Proses Pembelajaran

Foto: selvi-aldriani.blogspot.com Belajar pada hakikatnya adalah mengulang-ulang bahan yang dipelajari (Sumardi Suryabrata, Psikolog...

Artikel Populer